5 Rekomendasi Kuliner khas Bandung


Hai Moms... Pastinya kita semua suka yang namanya liburan yaa..
Aku dan keluarga kecilku paling sering liburan atau berkunjung ke kota Bandung, selain dekat dan biayanya murah, Bandung syurga makanan bagi keluargaku.
untuk itu aku ingin sekali berbagi info beberapa makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke kota kembang ini.


1. Bolen

Kue Bolen ini merupakan salah satu oleh-oleh legenda yang wajib di bawa pulang ketika berkunjung ke kota Bandung. Kue ini di buat dengan perpaduan antara kulit pastry dengan potongan buah pisang di dalamnya, serta tambahan topping seperti keju, membuat orang tergoda untuk menyantapnya.
Namun jaman sekarang ini kue bolen banyak dimodifikasi dengan buah lainnya seperti durian.

2. Batagor


Makanan yang satu ini mungkin kita semua sudah kenal dan sudah tersebar di beberapa kota lainnya, namun tak ada salahnya jika kita menikmati batagor langsung dari kota asalnya. Pasti nikmatnya bukain main, di tambah hawa dingin menyelimuti kota Bandung ini.

3. Seblak

Awal kenal makanan ini dari asisten rumah tanggaku yang berasal dari Bandung, ternyata Seblak merupakan jajanan khas Bandung yang sudah populer di kalangan anak muda. Makanan ini terbuat dari kerupuk mentah yang di rendam di dalam air, kemudian di masak dengan bumbu-bumbu.

4. Cuanki

Mungkin tidak banyak yang tahu bahkan pernah mendengar nama /cuanki, karena cuanki merupakan makanan endemik kota Bandung. Pemberian nama cuanki sendiri ternyata didapat dari kalimat "cari uang jalan kaki", karena para penjual membawa dagangannya dengan pikulan atau gerobak. Cuanki adalah makanan berkuah khas Bandung dengan isian bakso, tahu, siomay, dengan penampilan kuah yang bening dengan rasa yang gurih disajikan selagi hangat dengan taburan bawang goreng, dan sambal, juga beberapa pendamping berupa keringan seperti pangsit goreng.

5. Surabi

Surabi dan Kota Kembang tentunya sudah sangat melekat dalam ingatan, saya sendiri kalau berkunjung ke Bandung selalu rindu mencari yang namanya Surabi. walau panganan yang terbuat dari tepung beras dan santang yang dimasak diatas tungku kecil ini juga bisa kita temui dibeberapa kota lain seperti Surakarta, Solo, dan Minang. Dulu.., Surabi disajikan dengan toping kinca atau gula merah cair saja. Namun kini Surabi sudah banyak dimodifikasi dengan berbagai pilihan rasa seperti keju, mesis, pisang oncom bahkan ayam dan sosis.

Masih banyak lagi kuliner yang dapat kita nikmati selama liburan di Bandung. Tentunya kuliner unik lainnya dapat di coba selama liburan berlangsung. Selamat berlibur semoga menginspirasi.


2 Komentar

  1. Ah jd pengen ke bandung. Makanannya enak enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuuss... segera mom, aku aja selalu kangen ke bandung dan selalu kangen kulinernya

      Hapus